*) Peaget mengemukakan bahwa ada 4 tahap perkrmbangan kognitif manusia, yaitu:
a. tahap sensorimotor
b. tahap peroperasi
c. tahap operasi konkrit
d. tahap operasi formal
*) Pada tahap sensorimotor bagi anak yang utama adalah pengalaman melalui berbuat dan sensori. Anak
berpikir melalui perbuatan, gerak, dan reaksi spontan.
*) Pada tahap peroperasi, pemikiran anak lebih banyak berdasarkan pada pengalaman konkrit daripada
pemikiran logis.
*) Pada tahap operasi konkrit, anak mapu berbuat lebih dari sekedar dapat berbahasa, memanipulasi
benda konkrit, dan berpikir internal.
*) Pada tahap operasi formal, tidak lagi memerlukan perantara operasi konkrit untuk menyajikan abstraksi
mental secara verbal. Anak mampu memandang sesuatu dari banyak segi secara simultan, mampu
memiliki tindakan secara objektif dan mampu menelusuri kembali proses berpikir mereka.
*) Sebagian besar siswa permulaan masuk SMP tahap perkembangan intelektualnya masih berada pada
tahap operasi konkrit, oleh karena itu dalam mengajarkan materi matematika anak-anak lebih banyak
diberi kesempatan memanipulasi benda-benda konkrit. Konsep-konsep baru disajikan melalui contoh-
contoh yang konkrit sehingga intuisi dan eksperimentasi dari anak memungkinkan untuk berkembang.
Teori Perkembangan Intelektual Jean Peaget
Jumat, 13 Agustus 2010
Diposting oleh wiyana matematika smp ypk di 18.35
Label: Pembelajaran Matematika
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar