Teori Perkembangan Intelektual Jean Peaget

Jumat, 13 Agustus 2010

*)  Peaget mengemukakan bahwa ada 4 tahap perkrmbangan kognitif manusia, yaitu:
           a.  tahap sensorimotor
           b.  tahap peroperasi
           c.  tahap operasi konkrit
           d.  tahap operasi formal
*)  Pada tahap sensorimotor bagi anak yang utama adalah pengalaman melalui berbuat dan sensori. Anak
     berpikir melalui perbuatan, gerak, dan reaksi spontan.
*)  Pada tahap peroperasi, pemikiran anak lebih banyak berdasarkan pada pengalaman konkrit daripada
     pemikiran logis.
*)  Pada tahap operasi konkrit, anak mapu berbuat lebih dari sekedar dapat berbahasa, memanipulasi 
      benda  konkrit, dan berpikir internal.
*)  Pada tahap operasi formal, tidak lagi memerlukan perantara operasi konkrit untuk menyajikan abstraksi
      mental secara verbal. Anak mampu memandang sesuatu dari banyak segi secara simultan, mampu
      memiliki tindakan secara objektif dan mampu menelusuri kembali proses berpikir mereka.
*)  Sebagian besar siswa permulaan masuk SMP tahap perkembangan intelektualnya masih berada pada
      tahap operasi konkrit, oleh karena itu dalam mengajarkan materi matematika anak-anak lebih banyak
      diberi kesempatan memanipulasi benda-benda konkrit.  Konsep-konsep baru disajikan melalui contoh-
      contoh yang konkrit sehingga intuisi dan eksperimentasi dari anak memungkinkan untuk berkembang.

0 komentar: